es-penjelajah-file
pixabay.com

Kontroversi Aplikasi ES Penjelajah File

Ponsel pribadi menjadi salah satu tempat untuk menyimpan dokumen seperti foto, video, atau dokumen penting lainnya. Sebagian orang menggunakan aplikasi ES Penjelajah File untuk menatanya. Namun, banyaknya isu dan berita yang belum pasti membuat kegunaan aplikasi ini menjadi tanda tanya.

Apa itu ES penjelajah file?

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk mengorganisir data. Data yang dimaksud yaitu penyimpanan data pada smartphone/ tablet Android.

ES Penjelajah File dikabarkan, bahwa aplikasi ini ternyata mempunyai ruang keamanan yang dapat mengancam pengguna Android. Banyak peretas yang menggunakan aplikasi ini dan memberikan ancaman untuk penggunanya.

Namun, bahaya tersebut dapat diminimalisir jika menggunakan jaringan pribadi. Untuk jaringan yang bersifat umum memiliki resiko yang lebih besar. Misalnya jaringan wifi gratis yang ada di bandara, tempat umum, cafe, dan lain sebagainya.

Kabar Terbaru dari ES Penjelajah File

Dikabarkan oleh Gadget Ndtv, jika dilihat secara teori, peretas bisa mengambil hampir semua file yang ada pada perangkat Android. Diantaranya file berupa foto, teks, video, atau file lainnya.

Selain itu, lebih parahnya lagi peretas juga dapat mentransfer file curian kepada server lain yang mereka miliki. Seorang peneliti keamanan yaitu Baptiste Robert menemukan kerentanan pada aplikasi untuk mengakses informasi yang sensitif di perangkat pengguna.

Kemudian menurut Baptiste (aka Elliot Alderson di forum online) ES Penjelajah File menyertakan akses web server terselubung dengan port 59777 di dalam aplikasinya.

Tetap Waspada dalam Menjaga Keamanan Data Pribadi pada Ponsel Android

Hingga sejauh ini, pihak dari ES Global sebagai pelaku pengembang dari aplikasi ini masih bungkam. Mereka belum memberikan pernyataan yang resmi perihal kerentanan keamanan yang terdapat pada aplikasi buatannya.

Robert berasumsi tidak sepenuhnya meyakini mengapa terdapat web server di ES Penjelajah File. Dia menyimpulkan jikalau peretas bisa memiliki akses ke perangkat dengan memakai jaringan port yang telah disebutkan di atas.

Untuk itu, tetaplah untuk waspada dalam menjaga keamanan dokumen pribadi. Berhati-hatilah juga ketika menggunakan aplikasi ES Penjelajah File ini. Hal ini untuk mencegah kemungkinan data pribadi diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Gravatar Image
Penulis dan pengarang pasif yang suka membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.