registrasi-ulang-kartu
pixabay.com

Cara Registrasi Ulang Kartu dari Berbagai Macam Operator Seluler

Dalam dunia telekomunikasi Indonesia, pengguna seluler baru wajib melakukan registrasi ulang kartu. Hal ini diperintahkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Apabila hal ini tidak dilakukan secara otomatis kartu tidak bisa digunakan.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel (Kartu As, Simpati dan Loop)

logo-telkomsel
wikipedia.org

Berikut cara melakukan registrasi semua jenis kartu dari Telkomsel:

1. Melalui SMS

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan registrasi melalui pesan singkat pada ponsel.

Bagi pengguna yang sudah lama menggunakan kartu telkomsel, tetapi belum melakukan registrasi caranya sangat mudah yaitu dengan ketik ULANG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# kemudian kirimkan ke 4444.

Selanjutnya, bagi pengguna yang baru menggunakan kartu telkomsel, baik kartu As, Simpati ataupun Loop caranya adalah hampir sama dengan kartu lama.

Hanya saja pada awal katanya diganti antara ULANG dengan REGISTRASI. Untuk lebih jelasnya seperti ini caranya. Dengan ketik REG<spasi> Nomor NIK#Nomor KK# lalu kirimkan ke 4444

2. Melalui Website

Cara yang kedua adalah dengan mendaftarkannya pada website. Pertama-tama Anda  harus masuk ke aplikasi browser terlebih dahulu, misalnya chrome, mozilla dan browser lain sebagainya.  Kemudian masukkan alamat www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid pada kolom address bar.

Setelah halaman website terbuka, isikan nomor kartu Anda, nomor KTP, nomor KK. Kemudian klik  “Dapatkan Password”. Secara otomatis pasword akan dikirimkan ke nomor. Setelah itu masukkan sandi pada form yang ada di web, pilih “Kirim”.

Cara Registrasi Kartu Axis dan XL

logo-axis
wikipedia.org

Cara registrasi kartu Axis dan XL adalah sebagai berikut:

1. Melalui SMS

Demi kenyamanan komunikasi, bagi pengguna setia kartu prabayar Axis dan XL yang sudah menggunakannya dalam waktu yang lama, akan tetapi belum melakukan registrasi. Anda wajib melakukan registrasi kartu agar tidak mengalami pemblokiran oleh operator.

Caranya yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan ketik ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kemudian kirimkan ke 4444.

Selanjutnya, bagi pengguna baru kedua kartu prabayar ini, cara mendaftarkannya adalah dengan mengetik DAFTAR#Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim ke nomor tujuan yaitu 4444.

2. Melalui Website

Setelah membuka browser. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan alamat resmi XL dan Axis yaitu https://registrasi.xl.co.id pada alamat website. Setelah halaman terbuka, isikan nomor kartu Anda, nomor KTP,dan nomor KK.

Untuk ketentuan selanjutnya silahkan Anda mengikuti petunjuk yang ada. Apabila pengguna ingin mengecek apakah kartunya sudah teregistrasi atau belum. Bisa dengan cara melakukan panggilan pada handphone. Kemudian tulis pada USSD dengan menggunakan format *123*4444# kemudian panggil.

Cara Registrasi Kartu Indosat

logo-indosat
wikipedia.org

Cara registrasi kartu Indosat adalah sebagai berikut:

1. Melalui SMS

Untuk  pengguna yang sudah lama menggunakan kartu Indosat Ooredoo. Akan tetapi belum melakukan registrasi kartu. Agar nomor tidak diblokir oleh operator, Anda wajib melakukan pendaftaran pada kartu prabayar.

Cara melakukan registrasi sangat mudah yaitu dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kemudian kirim ke 4444.

Untuk pengguna yang baru menggunakan kartu ini, caranya melakukan registrasinya adalah dengan ketik Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim ke 4444.

2. Melalui Website

Masuk pada aplikasi browser di handphone atau dengan komputer. Kemudian masukkan alamat https://myim3.indosatooredoo.com/registration pada address bar.

Setelah halaman terbuka, isikan nomor kartu Anda, kemudian verifikasi. selanjutnya nomor KTP, KK. Untuk mengecek apakah nomor sudah teregistrasi atau belum, bisa menggunakan alamat web ini.

Cara Registrasi Kartu Tri

logo-tri
jogja.tribunnews.com

Cara registrasi kartu Tri adalah sebagai berikut:

1. Melalui SMS

Bagi pengguna yang sudah lama menggunakan kartu Tri akan tetapi belum melakukan registrasi ulang kartu, harus melakukannya untuk menghindari pemblokiran.

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan registrasi melalui pesan singkat pada ponsel. Buka menu pesan kemudian ketik ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Selanjutnya yaitu bagi pengguna yang akan menggunakan kartu prabayar Tri. Cara mendaftar adalah dengan masuk menu pesan pada ponsel ketik Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim ke 4444.

2. Melalui Website

Buka aplikasi searching pada ponsel Anda. Kemudian masukkan alamat resmi XL dan Axis yaitu https://registrasi.tri.co.id dalam address bar pada  browser.

Setelah halaman website terbuka, klik pilihan menu “Registrasi Kartu Prabayar”. Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi nomor kartu Tri yang akan diregistrasi, nomor KTP, dan nomor kartu keluarga.

Saat muncul opsi “Kode Rahasia” yang akan dikirim melalui SMS. Kode ini hanya bertahan dalam kurun waktu 5 menit saja, kemudian pilihlah “Minta Kode Rahasia”.

Apabila kode ini belum terkirim atau masuk di ponsel maka pilih opsi ”Kirim Ulang”. Jika sudah, masukkan kata sandi tersebut. Selanjutnya klik I’m not a robot dan kirim.

Cara Registrasi Kartu Smartfren

logo-smartfren
wikipedia.org

Cara registrasi kartu Smartfren adalah sebagai berikut:

1. Melalui SMS

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan registrasi dengan melalui pesan singkat pada ponsel. Langkah ini digunakan untuk pengguna yang sudah lama menggunakan kartu smartfren atau yang baru akan memakai.

Cara melakukan registrasi kartu prabayar ini sangat mudah yaitu dengan format ketik Nomor NIK#Nomor KK kemudian mengirimnya ke nomor 4444.

2. Melalui Website

Cara selanjutnya adalah dengan mendaftarkannya pada website. Pertama-tama Anda  harus masuk ke aplikasi browser terlebih dahulu, misalnya chrome, browser dan lain sebagainya.

Kemudian masukkan alamat resmi Smartfren yaitu https://registrasi.smartfren.co.id pada situs web pada browser.

Setelah halaman website terbuka, isikan nomor kartu Smartfren Anda, nomor KTP,dan nomor KK.  Untuk ketentuan lebih lanjut silahkan mengikuti petunjuk yang ada pada website tersebut.

Langkah yang terakhir adalah upload dokumen dapat dilakukan dengan menekan tombol pada halaman pada menu.

Salah satu tujuan dari diberlakukannya peraturan untuk melakukan registrasi ulang kartu yaitu, untuk menghindari tindakan negatif yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi. Selain  itu, untuk meningkatkan perlindungan pengguna dari penyalahgunaan nomor oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Gravatar Image
Penulis dan pengarang pasif yang suka membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.