Home Tulisan Inspiratif Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar Mengaji

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar Mengaji

210
0
SHARE

Pagi ini saya menemani teman untuk melakukan kegiatan kajian yang ada di mesjid besar Ahmad Dahlan tepatnya di Kota Yogyakarta. Suasana pagi hari yang sejuk dihiasi dengan cahaya matahari yang hendak terbit menyinari bumi alam semesta ciptaan yang Maha Kuasa.

Saya melihat sebagian mahasiswa yang sudah siap-siap untuk mengaji dengan program ataupun bagian dari mata kuliah yang sudah ada. Seketika saya melihat seorang mahasiswa yang datang lebih awal untuk mendapatkan giliran pertama untuk melakukan kajian iqra’ untuk melatih ke tahap bacaan Al-Qur’an.

Dengan semangat mahasiswa ini, saya jadi teringat ketika dulu masih belajar iqra’ dengan semangat yang menggebu-gebu untuk tahap Al-Qur’an. Bacaan yang belum sempurna, guru ngaji saya memberikan arahan agar bacaan yang saya baca sesuai dengan ilmu tajwid. Tak ada manusia yang sempurna, karena manusia pasti pernah melakukan kesalahan.

Belajar dari kesalahan maka kita akan tahu dimana letak kelemahan kita, dan kita berusaha untuk mengimbanginya agar menjadi orang yang lebih berilmu dan bermanfaat buat orang lain nantinya terutama untuk diri kita sendiri.

Begitu juga dengan mahasiswa yang satu ini, dengan penuh semangat saya selalu memperhatikannya ketika dia sedang mengaji di depan seorang ustad yang membimbingnya. Potongan-potongan ayat yang dilantunkan begitu klasik terdengar di telinga saya sebagaimana saya dulunya mengaji di hadapan guru saya.

Bagi anda yang belum bisa mengaji, tak ada kata terlambat selagi kita masih bernafas. Jangan malu dengan usia yang sudah tua. Karena menuntut ilmu itu tidak memiliki batas usia, bahkan kita wajib menuntut ilmu walaupun sampai ke liang lahat. Dimana artinya sampai mati pun kita wajib menuntut ilmu terutama ilmu agama.

Semoga dengan adanya tulisan dan kisah yang inspiratif ini dapat meningkatkan semangat kita dalam menuntut ilmu. Serta menjadi manfaat buat semua orang teruntuk diri saya sendiri. Allah pasti memberikan jalan untuk orang-orang dekat dan berjuang di jalan Allah bahkan Allah akan menolong dari segala kesusahan yang kita hadapi agar selalu dimudahkan oleh-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.