Tips saat SD Card Tidak Terbaca

Di abad ke 22 ini banyak sekali pengguna smartphone. Masalah yang sering dialami para pengguna smartphone tersebut bermacam-macam. Salah satunya adalah menghadapi masalah hp tidak dapat mentransfer data, dan juga sd card tidak terbaca. Tentunya anda akan sangat pusing dan bingung bagaimana cara agar sd card anda berfungsi seperti semula. Sudah tentu ada beberapa caranya.

tips-saat-sd-card-tidak-terbaca
Pixabay.com

Bergam masalah, beragam pula penyebabnya. Diantaranya adalah memory card anda sangat panas, pengaruh medan magnet, dan juga kesalahan dalam mencabut atau membuka sd card. Jika hal ini terjadi pada handphone atau smartphone anda, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melalukan beberapa cara atau langkah-langkah ini agar sd card anda dapat kembali bekerja seperti semula.

Menangani SD Card Tidak Terbaca

  1. Langkah pertama

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah membuka atau mencabut kartu memori dari smartphone anda. setelah itu anda masukkan sd card tersebut ke dalam card reader atau adapter. Dalam melakukan langkah ini anda harus sangat berhati-hati, seperti salah satu caranya adalah dengan tidak salah dalam mencabut sd card anda agar tidak rusak.

Anda kemudian dapat menggunakan menu ‘unmount SD card’ agar saat membuka dan mencabut sd card anda dapat melakukannya dengan aman. Cara lainnya agar saat mencabut sd card aman, anda dapat mematikan handphone anda terlebih dahulu dan dapat membuka memori tools anda  dari slot atau tempatnya.

  1. Langkah kedua

Setelah anda selesai melakukan langkah pertama, anda dapat melakukan langkah kedua. Langkah kedua adalah mencari drive kartu memori anda pada PC atau laptop. Anda dapat melihatnya melalui windows explore. Seperti misalnya pada drive D, E, F, G, H, atau nama lain yang ada pada windows anda. Kemudian anda klik kanan dan pilih pilihan format.

  1. Langkah ketiga

Dalam pilihan format, anda harus memilih pilihan forat FAT. Jangan sampai anda salah memilih karena ada pilihan lain yang diantaranya adalah FAT32 dan NTSC.

  1. Langkah ke empat

Langkah ini adalah yang paling mudah. Karena anda hanya harus memencet ‘format now’ dan tunggulah proses formatnya selesai.

Baca juga:

  1. Langkah kelima

Apabila terdapat pesan ‘error’ muncul pada PC anda, maka anda tidak dapat melakukan proses format lagi. Anda dapat melakukan cara lain yaitu dengan melakukan command line. Berikut adalah caranya:

  • Klik start kemudian RUN dan klik CMD.
  • Setelah itu akan muncul DOS prompt.
  • Anda lalu akan melakukan pengetikan manual format k:/fs.fat (Apabila drive memori yang ada pada laptop anda bernama D, E, F, G, H, atau lainnya anda dapat menyesuaikan nama tersebut.

Langkah-langkah berikut dapat anda lakukan apabila sd card tidak terbaca. Dalam melakukannya anda harus sangat berhati-hati karena bisa-bisa memory card anda rusak lagi.

Gravatar Image
Penulis dan pengarang pasif yang suka membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.