menulis-blog

Wanita Muda ini Raup Belasan Juta Rupiah Dengan Hanya Menulis Blog

menulis-blog

Marischka Prudence dulu nya adalah seorang reporter, dan sekarang beralih profesi sebagai travel blogger dan menulis di blog. Wanita yang satu ini resign dari pekerjaannya sebagai reporter televisi sejak tahun 2012 lalu, karena merasa jenuh dengan aktivitas sebelumnya.

Dengan menjadi penulis dari pengalaman perjalanannya, wanita muda satu ini harus menerapkan disiplin pada dirinya. Karena blog yang dia kelola juga harus mencerminkan sebuah karakter dari penulisnya dan itu bisa menjadi ciri khas yang ada pada diri seorang blogger.

Marischka mengatakan, Harus konsistensi, dan tidak ada bos yang memerintahkan untuk menulis. Untuk jadi blogger juga harus menjadi diri sendiri, dan kekuatan itu terdapat pada personalnya. Itu menjadi tanda jual blog kita. Jadi diri sendiri dan berbagi.

Sejak tahun 2011, Marischka sudah mulai menulis di blog, hingga pada akhirnya dia memutuskan untuk melepaskan pekerjaan nya sebagai reporter televisi pada tahun 2012. Lalu dia mendapatkan tawaran kerja sama dengan Pemerintah Kab, Belitung Timur untuk mengeksplore potensi wisata daerah.

“Resign September 2012, punya blog dari 2011. Setelah melepas pekerjaan, rutin menulis di 2013 dan ternyata working out. 2013 waktu itu sosmed naik banget. Orang sudah cari referensi di internet. Pertama kali diundang kaya media ikut trip sama Belitung Timur,” ujar Marischka.

Setelah itu proyek kerja sama yang telah dia jalanin juga tidak hanya dari pariwisata, dari berbagai sektor industri, dan kerja sama tersebut bisa berbentuk sebuah promosi yang berkaitan dengan dunia pariwisata.

Marischka mengatakan, Client macam-macam mungkin karena consumer goods bisa masuk travel jadi tren. Dia bikin promote apa hadiahnya travelling, misalnya minuman atau kosmetik masuk juga, otomotif masuk juga, airlines juga.

Dari kegiatannya sebagai travel blogger, dia bisa mengantongi uang sampai belasan juta rupiah dalam sekali perjalanan. Bila dalam sebulan ia bisa mendapatkan 4 tawaran perjalanan kerja sama.

Akan tetapi Marischa juga butuh tim dan extra budget. Deal untuk setiap proyek biasanya client akan bertanya. Bisa sampai 5 juta hingga 15 juta sekali jalan. Kalau trio sebulan bisa 2-4 kali.

Saat ini Marischa sudah memiliki kendaraan dan investasi properti dari hasil kerja keras nya sebagai travel blogger. “Sekarang masih nyicil mobil, bisa nyicil apartemen hal seperti itu bisa kita raih dari hasil blogging,” ujar Marischka.

Selain itu Marischka juga mengatakan sebagian dari hasil jeripayah nya di tabung, agar memiliki finansial yang baik nantinya.

Marischka mengatakan pada saat ini masih dibutuhkan banyak travel blogger untuk keperluan kerja sama pariwisata. Dengan menjadi seorang travel blogger juga seseorang berinvestasi pengalaman jangka panjang di dalam blog nya.

Dengan adanya blog ini kita dapat berbagi pengalaman yang sangat berharga kepada semua orang dan terutama pada anak cucu kita nantinya.

Gravatar Image
Penulis dan pengarang pasif yang suka membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.