Perbedaan Snapdragon dan Mediatek

Apabila anda mengikuti industri smartphone anda tentunya mengetahui bahwa sekarang MediaTek Helio P70 sedang masuk pasaran. MediaTek Helio P70 diciptakan khusus kelas menengah. Pada kelas tersebut  tentunya saingan tersebut adalah Snapdragon 660. Anda mungkin belum mengetahui mengenai perbedaan snapragon dan mediatek mulai dari spesifikasi dan kelebihannya.

perbedaan-snapdragon-dan-mediatek
Haris.web.id

MediaTek  memberikan statement yang cukup berani yaitu bahwa Helio P70 mempunyai performa yang lebih canggih dan optimal dibandingkan dengan chipset lain. Snapdragon dan Mediatek merupakan chipset yang diperuntukkan untuk kelas menengah. Anda perlu mengetahui beberapa perbedaan antara mediatek dan snapdragon. Berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua chipset.

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek

  1. Teknologi fabrikasi

Perlu anda ketahui bahwa semakin kecil ukuran transistor pada chipset, maka performa yang ada akan lebih cepat. Snapdragon 660 mempunyai teknologi fabrikasi 14nm. Sementara untuk Mediatek mempunyai teknologi fabrikasi yaitu 12nm. Dari sini, anda sudah bisa menilai sendiri manakah chipset yang mempunyai performa terbaik dan tercepat.

  1. Pengelolaan grafis

Selain teknologi fabrikasi, keduanya mempunyai perbedaan dalam mengolah grafis. Untuk masalah grafis snapdragon 660 diselipkan pada GPU Adreno 512. Sementara itu untuk MediaTek helio P70 menggnakan Mali-G72 yang dimana pengolah grafisnya lebih kencang daripada jenis lain. Kinerja Helio P70 30 persen lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

  1. Kamera

Secara general kedua chipset tersebut memiliki kemampuan mengolah foto yang cukup handal. Snapdragon mempuunyai sensor kamera hingga 25 MP untuk single camera. Sementara itu, untuk handphone yang memiliki dual camera maka akan memiliki sensor kamera sampai 16 MP.

Untuk MediaTek Helio P70, ia dapat mempunyai sensor kamera sampai 32 MP bagi handphone yang mempunyai single camera. Berbeda dengan single camera, handphone yang mempunyai sensor camera hingga lebih dari 32 MP. Oleh sebab itu anda tidak perlu meragukan lagi bahwa Mediatek dapat memberikan pengalaman fotografi terbaik.

  1. Konektivitas

Konektivitas merupakan salah satu faktor utama yang paling dipertimbangkan dalam membeli handphone. Jika anda membeli smartphone ber chipset  snapdragon, anda akan mendpatkan modem X12 LTE. Di dalam modem tersebut terdapat support untuk LTE Cat-12 agar dapat downlink dan Cat-13 untuk uplink.

Sementara  itu apabila anda membeli smartphone yang mempunyai chipset Helio P70 anda akan mendapatkan fasilitas 4G LTE. 4G LTE mendukung CAT-7 untuk downlink dan juga CAT-13 untuk uplink.

Baca juga:

Tidak lama lagi mediatek Helio P70 akan dinikmati oleh para pengguna smartphone Realme. Sepanjang tahun smartphone Realme merupakan salah satu smartphone terlaris. Hal ini dikarenakan hadirnya MediaTek Helio P70 yang meningkatkan kualitasnya. Ditambah lagi Realme merupakan smartphone pertama yang menanamkan mediatek dalam perangkat handphone tersebut.

Anda sudah mengetahui mengenai perbedaan snapdragon dan mediatek. Dari beberapa perbedaan tersebut, anda sudah bisa menilai manakah yang cocok untuk anda. Tips membeli handphone adalah menyesuaikan kebutuhan dan juga budget.

Gravatar Image
Penulis dan pengarang pasif yang suka membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.